Tuesday 31 March 2015

JENIS SISTEM OPERASI : SYMBIAN, BLACKBERRY, PALM Dan ANDROID

Pada artikel terdahulu kita sudah bahas sejarah handphone dan aplikasi chatting handphone. untuk kali ini kita baca mengenai sistem operasi yang melekat pada handphone tersebut, yuk kita mulai :)

Tentunya rekan blogger sudah tahu khan apa itu sistem operasi :), seperti halnya pada komputer, pada produk alat telekomonikasi handphone juga ada sistem operasinya, yang akan kita baca saat ini yaitu : Symbian, Blackberry, Palm dan Android. Kita mulai dari Symbian ya :)


Jenis Sistem Operasi : Symbian, Blackberry, Palm Dan Android Pada Handphone Serta Pembuatnya. Kita Mulai dari Symbian OS ya
Symbian OS
Symbian OS bukan sebuah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri. Sistem operasi Symbian, dikembangkan oleh Symbian Ltd, merupakan sistem operasi proprietary yang didesain untuk perangkat bergerak, yang dilengkapi dengan framework antarmuka dan pustaka, serta implementasi berbagai tool standar. Symbian Ltd. dimiliki oleh Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Sony Ericsson (13,1%), Panasonic (10,5%), Siemens AG (8,4%), dan Samsung (4,5%). Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian.
Secara umum arsitektur Symbian OS sendiri dapat gambarkan menjadi empat lapisan berdasarkan penggunaan API yang tersedia, yaitu :

Lapisan pendukung aplikasi. Lapisan ini terdiri dari berbagai pendukung yang berorientasi pada aplikasi. Hal ini memungkinkan aplikasi lain (diluar sistem operasi) untuk berintegrasi dengan aplikasi dasar yang tersedia pada sistem operasi. Bentuk layanan lain termasuk proses pertukaran data dan manajemen data.
Lapisan layanan dan framework antarmuka grafis. Lapisan ini merupakan framework API yang tersedia untuk memberi dukungan terhadap penanganan input user secara grafis maupun suara yang dapat digunakan oleh aplikasi lain.
Lapisan komunikasi. Lapisan ini berfungsi sebagai sistem operasi yang fokus diimplementasi pada peralatan komunikasi mobile, Symbian OS memiliki kumpulan API yang fokus pada lapisan komunikasi. Bagian teratas pada lapisan ini terdapat dukungan pencarian dan pengiriman pesan teks. Berikutnya adalah antarmuka yang memberi dukungan komunikasi seperti Bluetooth dan infrared (IrDA) serta USB. Yang terakhir pada lapisan ini adalah protokol komunikasi berupa TCP/IP, HTTP, WAP dan layanan telepon.
Lapisan sistem API dasar. Lapisan ini merupakan kumpulan API yang mendukung pengasksesan data memori, tanggal dan waktu, serta sistem dasar lainnya. Nah di atas adalah sistem operasi symbian pada handphone, selanjutnya adalah Blackberry

Blackberry
BlackBerry OS adalah milik Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion. Blackberry sendiri awalnya ditujukan untuk kalangan bisnis yang selalu tidak pernah lepas dari layanan email maupun personal messaging untuk keperluan kerjanya menggunakan layanan BIS / BES nya, namun sekarang bergeserlah fungsi blackberry tersebut menjadi sebuah alat komunikasi yang bisa digunakan untuk siapa saja, bahkan hanya untuk keperluan telepon dan sms. Blackberry pun menggunakan sistem operasi, yang biasa disebut Blackberry OS.
Perkembangannya cukup pesat, update nya pun tergolong cepat. Blackberry OS memungkinkan kita sebagai pengguna memodifikasi OS yang ada, sehingga munculah sebutan “Hybrid/Leaked OS” yaitu OS yang sudah dimodifikasi oleh sebuah komunitas (atau bisa juga personal) & juga OS yang dikeluarkan secara resmi dari provider yang dikenal dengan sebutan “Official OS”.
Adapun perangkat lunak Blackberry antara lain :



Blackberry Enterprise Server (BES). Perangkat genggam Blackberry terintegrasi pada sistem e-mail yang terorganisasi melalui paket perangkat lunak yang disebut Blackberry Enterprise System (BES). BES dapat digunakan oleh jaringan e-mail yang berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell Group Wise. Khusus pada pengguna individu, mereka dapat menggunakan layanan e-mail nirkabel yang disediakan oleh provider tanpa harus menginstalasi BES. Para pengguna individu dapat menggunakan Blackberry Internet Solution tanpa harus menginstalasi BES di smartphone mereka. BES memang ditujukan bagi pelanggan korporasi dengan cakupan usaha yang besar. Perangkat lunak ini mengintegrasikan seluruh smartphone Blackberry pada suatu organisasi dengan sistem perusahaan yang telah ada. Keuntungan yang diperoleh adalah memperluas komunikasi nirkabel dan data perusahaan kepada pengguna aktif dengan cara yang aman.
BlackBerry Professional Software (BPS). BPS merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Ia menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan, dalam sebuah paket yang mudah dipasang dan harga yang lebih murah.
BlackBerry Internet Service (BIS). Perangkat lunak yang diperuntukkan bagi pengguna pribadi ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun e-mail yang berbasis Post Office Protocol (POP3) dan Internet Message Access Protocol (IMAP), menerima dan mengirim pesan instan, serta berselancar di Internet. Dengan BIS, kita juga dapat membuka tambahan data (attachment) dalam bentuk excel, word, powerpoint, pdf, zip, jpg, gif dengan tingkat kompresi data yang tinggi.
BlackBerry Mobile Data System (BlackBerry MDS). Sebuah aplikasi optimisasi pengembangan kerangka kerja untuk BlackBerry Enterprise Solution, menyediakan Anda sebuah alat pengembangan untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara BlackBerry smartphones dan aplikasi perusahaan.Ok selesai dengan Blackberry, kita menuju ke Palm

Palm OS
Palm OS adalah sebuah sistem operasi mobile yang mulanya dikembangkan oleh Palm, Inc untuk personal digital assistant(PDA) pada tahun 1996. Palm OS itu sendiri awalnya hanya didesain untuk kemudahan penggunaan dengan touchscreenberbasis antarmuka pengguna grafis. Hal ini disediakan dengan suite aplikasi dasar untuk manajemen informasi pribadi. Kemudian setelah versi dari OS telah diperluas untuk mendukung smartphone. Beberapa lisensi yang laintelah diproduksi perangkat didukung oleh Palm OS. Berikutnya membeli Palm dari Palm merek dagang, yang berlisensi versi saat ini dari ACCESS dinamai Garnet OS. Pada tahun 2007, ACCESS memperkenalkan penerus ke Garnet OS, yang disebut Access Linux Platform dan pada tahun 2009, pemegang lisensi utama Palm OS, Palm, Inc, beralih dari Palm OS untuk WebOS untuk perangkat yang akan datang mereka.

Pada awalnya pencipta dan kepemilikan Palm OS dikembangkan di bawah naungan Jeff Hawkins di Palm Computing, Inc Palm kemudian diakuisisi oleh US Robotics Corp, yang pada gilirannya kemudian dibeli oleh 3Com
Sebenarnya sistem operasi Palm bisa saja disebut sebagai perintis OS pada sebuah handset untuk PDA maupun Smartphone, hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan produk yang menggunakan Palm dan juga banyaknya jumlah pihak ketiga yang membuat program untuk Palm, hingga sekarang telah ada ribuan program untuk perangkat elektronik yang berbasis Palm.
Palm OS di desain untuk tepat pada devais ukuran telapak tangan dari ukuran tertentu dengan ukuran layar tertentu pula. Palm OS menggunakan multitasking, tetapi hanya satu task untuk setiap aplikasi. Pengguna menggunakan satu aplikasi pada waktu tertentu, satu program apikasi harus selesai sebelum yang berikutnya dapat dipilih. Pembatasan ini membuat sistem operasi mendedikasikan penuh perhatian pada aplikasi yang terbuka. Space yand dibutuhkan oleh sistem untuk setiap aplikasi yang berjalan adalah bersifat dinamis, reusable random access memory (RAM). Aplikasi dan database yang berhubungan disimpan dalam tempat penyimpanan permanen, tetapi tempat penyimpanan permanen itu adalah RAM (bukan hard disk)

KELEBIHAN PALM OS, dibandingkan dengan sistem operasi lainnya adalah Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.
KELEMAHAN PALM OS, yaitu tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm.Ok rekan blogger selanjutnya kita baca Android ya :)

Android OS
Android adalah sistem operasi yang digunakan untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet yang berbasis Linux. Adroid di rilis pertama kali pada 5 Oktober 2007, hasil kerjasama Google Inc dan Android Inc, sebuah perusahaan baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Karena Android mempunyai prospek yang cerah, maka untuk mengembangkan Android lebih lanjut dibentuklah Open Handset Alliance, sebuah konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan peranti lunak, peranti keras dan telekomunikasi termasuk didalamnya adalah Google, Motorola, Intel, Nvidia, dan masih banyak lagi. Dari hasil kerjasama tersebut akhirnya muncul 2 jenis sistem distibutor Android, yaitu yang memiliki lisensi bebas (Open handset distibutor) dan yang mendapat dukungan Google dengan Google Mail Service (GMS)nya.

Kelebihan Android OS : Bersifat opensource, dari segi tampilan keren, sehingga tidak membuat bosan, Banyak aplikasi software yang gratis :), bersifat multitasking, Kemudahan dalam notifikasi, Themesnya banyak, dan syncronisasi dengan gmail atau ymail.
Kekurangan Andorid OS : Baterei cepet habis, iklan pada software gratis.Versi Android

Android v 1.1 fitur fitur utama yang dimilikinya adalah sebagai berikut: Maps - Menambahkan rincian serta ulasan ketika pengguna melakukan pencarian di google maps, Dialer - Menampilkan secren timeout ketika melakukan panggilan, Massaging - Menyimpan lampiran, System - Mendukung fitur layout marquee
CupCake (Android 1.5), Mempunyai kemampuan merekam dan menonton video melalui camcorder, Upload video ke youtube dan upload gambar ke picasa, Aplikasi baru soft-keyboard dengan fungsi text prediction, Bluetooth A2DP dan AVRCP support, Mempunyai kemampuan otomatis terhubung ke perangkat Bluetooth dengan jarak tertentu, Widget baru dan folder dapat dikumpulkan di layar home.
Donut (Android 1.6), Peningkatan pada android market, Integrasi kamera, perekam video dan tampilan galeri, Aplikasi search, Peningkatan dukungan teknologi untuk CDMA/EVDO.802.1x, VPNs, dan mesin text to speech Mendukung resolusi layar WVGA, Speed inprovement in searching and camera applications, Perbaikan kecepatan di aplikasi pencarian dan aplikasi kamera
Eclair (Android 2.1) Optimalisasi kecepatan hardware, Mendukung lebih banyak ukuran layar dan resolusi layar, Revamped UI, User interface baru pada browser dan dukungan html 5, Daftar kontak baru, Rasio putih-hitam yang lebih baik untuk backgrounds, peningkatan aplikasi Google Maps 3.1.2, Dukungan untuk Microsoft Exchange, Mendukung Flash untuk kamera, Digital Zoom.Peningkatan pada aplikasi virtual keyboard, Bluetooth 2.1, Live Wallpapers.
Gingerbread (Android 2.3), Dukungan pada Kamera Depan - Aplikasi kamera di Android 2.3 sudah mendukung kamera depan sejak awalnya. Artinya produsen seperti HTC, yang salah satu versi ponsel Androidnya sudah memiliki dua kamera, bisa langsung memasang dua kamera di ponsel Android, Ponsel Internet, Tampilan yang Lebih Rapih, Manajemen Aplikasi, Input Teks Lebih Cepat, Copy Paste
HoneyComb (Android 3.0) Efek grafik 3 dimensi, Antarmuka pengguna (UI) Honeycomb, Multitasking yang lebih mudah, Papan ketik virtual, Copy/paste yang lebih baik, Peningkatan koneksi termasuk wifi dan Bluetooth untuk tethering, Penjelajahan web anonim, Pengorganisasian email lebih mudah
Android v4.0 Ice Cream Sandwich Home Screen, Browser, Email, Mobile Data, Video dan Foto, Desain cantik, Face Unlock, Berfoto lebih mudah dan Edit Langsung, Google+, Instant voice, Android Beam
Android v4.1 Jelly Bean, Aplikasi Google Now, Notifikasi Kini lebih Pintar, Ukuran Widget Selalu Pas, Pencarian dengan Suara makin canggih, Tampilan Galery Foto Diperbarui

No comments:

Post a Comment