Monday 24 July 2017

PENGENALAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN C++




PENGENALAN C++Kita mulai dari bahasa sebelum C++ yaitu bahasa C yang di ciptakan oleh Dennis MacAlistair Ritchie, Setelah itu dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup mencadi C++, sementara itu kedudukan bahasa C/C++ ini adalah bahasa aras menengah yaitu diantara bahasa aras rendah seperti Assembly yaitu bahasa mesin, dan bahasa aras tinggi seperti java, pascal dll, yang lebih dekat dengan bahasa manusia.


KELEBIHAN BAHASA C++ ADALAH:

Mudah dipahami sebab penggunaan bahasa pemrogramannya mendekati pada bahasa manusia
Memiliki kompatibilitas yang tinggi antar platform.
Untuk menulis pemrograman C++ dapat menggunakan sembarang aplikasi text editor, seperti notepad, notepad++, wordpad, Borland C++, dll. Sedangkan file C++ sendiri dituliskan dengan ekstensi <file>.cpp (berasal dari C Plus Plus), kemudian agar program dapat di eksekusi maka harus dikompilasi terlebih dahulu dengan Compiler C++, dan saya menggunakan Borland C++ versi 4.45 untuk proses compose dan compilasi.

KEDUDUKAN C++ DALAM PROSES KOMPILASI PEMBENTUKAN PROGRAM EXECUTABLE:




Kompilasi C++ ke Executable

Keterangan:
“<file-c++>.cpp” bersama dengan “<file-header>.hpp” di combine dan diterjemahkan oleh Compiler c++ sehingga menjadi “<file-object>.obj” dan konstruksi yang membentuk file (.obj) ini adalah bilangan biner (0 atau 1)sehingga sudah dapat terima oleh mesin.


Kemudian”<file-file>.obj” dikaitkan dengan “<file-library>.lib” menggunakan linker, sehingga jadilah “<file-executable>.exe”

BENTUK UMUM STRUKTUR PROGRAM C++
#include <nama_file> //disebut sebagai preprosesor atau praprosesor; void main() //disebut sebagai fungsi penyusun blok (fungsi utama) { //sitak pembuka blok pernyataan pernyataan; //pernyataan untuk program ekses } //sintak penutup blok pernyataan


PREPROSESOR
Atau disebut juga praprosesor yaitu fungsi yang menyediakan pustaka file header, dan pada saat kompilasi praprosesor di eksekusi lebih awal.


Contoh :

#include <iostream.h>; #include <conio.h>; #include <stdlib.h>;


VOID MAIN()
Merupakan tubuh fungsi c++ dengan () yang kosong menandakan tidak ada argument yang ditentukan sehingga tidak ada batasan dalam mengekspresikan blok pernyataan di dalam tubuh fungsi void main() dan fungsi tersebut tidak memiliki nilai balik.


{PERNYATAAN;}
Di dalam tubuh fungsi wajib ada kurung kurawal buka dan tutup ”{}”, sementara di dalamnya adalah tempat menyertakan berbagai macam pernyataan kemudian wajib diakhiri dengan tanda titik koma “;”



KOMENTAR
Komentar ini bersifat optional, pada hakikinya komentar digunakan untuk memberikan keterangan pada blok program, namun biasanya para programmer mensiasatinya untuk menonaktifkan blok program tertentu.

//ini adalah tanda untuk comentar dengan 1 baris… /*ini adalah tanda untuk membuat komentar Yang lebih dari 1 baris*/


CONTOH PROGRAM C++ SEDERHANA
Sebuah contoh program C++ yang sangat sederhana dapat anda lihat dibawah ini :
#include void main() { cout << "Hai, Selamat belajar C++"; getch(); }

No comments:

Post a Comment