Monday 24 July 2017

MENGENAL ALGORITMA DAN FLOWCHART

Jadi, apa yang dimaksud dengan algoritma pemrograman itu? pertama, pikirkan saja dulu bagaimana Anda akan memulai untuk memasak suatu resep makanan, kira-kira langkah apa saja yang akan Anda lakukan? Nah, bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman memasak terhadap resep tertentu, maka tidak heran jika Anda tidak memerlukan panduan lagi, sehingga tahu langkah apa saja yang harus dilakukan mulai dari mempersiapkan hingga finishing, Nah seperti itulah gambaran tentang algoritma.

Bagi kalian yang belum memiliki pengalaman memasak, mungkin akan kebingungan bagaimana dan langkah apa saja yang harus dilakukan, maka tidak masalah, carilah tutorial memasak yang lengkap mulai dari resep hingga langkah-langkah mempersiapkan hingga menyajikan (finishing) sehingga Anda yang masih pemula dan belum punya pengalaman memasak, kini bisa mendapatkan contoh algoritma dari seorang berpengalaman melalui tutorialnya.

Setiap tujuan yang sama, belum tentu memiliki algoritma yang sama. Gambaran lagi, misalkan Anda dan Teman Anda ingin pulang dari tempat kerja menuju tempat kos yang sama, pertama Anda sudah mengetahui dari forum sosmed mungkin, bahwasannya jalur utama menuju kos sedang mengalami perbaikan jalan dan terjadi kemacetan parah, sehingga Anda menggunakan jalur alternatif untuk menuju kos meskipun agak jauh namun lebih cepat sampai.

Berbeda dengan teman Anda yang tidak bergabung di suatu forum sosmed, sehingga tidak mendapatkan info tentang kemacetan tersebut, sehingga tetap memilih jalur utama menuju kos, meskipun dekat tapi lebih lebih lambat karena terjebak macet.

Setelah kita memahami gambaran sederhana tentang algoritma, maka saatnya kita mempelajari bagaimana algoritma pemrograman itu, berikut ini akan saya bagikan studi kasus beserta contoh penyelesaiannya.


PENUKARAN1). Buatlah alogaritma dengan struktur indonesia dan flowchart untuk menukarkan isi input dari dua buah variable.

Jawab :

Masukan nilai A kedalam C
Isi nilai A dengan nilai B
Isi nilai B dengan nilai C
Cetak A, B
Selesai 

Flow Chart Penukaran



MENENTUKAN NILAI TERBESAR1). Buatlah alogaritma dengan struktur indonesia dan flowchart untuk menentukan nilai terbesar diantara dua buah input.

Jawab :

Masukan A dan B
Apakah nilai A > B?
Jika benar maka cetak A lebih besar
Jika tidak maka cetak B lebih besar.
Selesai
Flow Chart Menentukan Nilai Terbesar Dari 2 Input

2). Buatlah alogaritma dengan struktur indonesia dan flowchart untuk menentukan nilai terbesar diantara tiga buah input.

Jawab :

Masukan nilai A, B, C
Jika BC maka cetak nilai A
Jika tidak maka, apakah B>C, jika benar cetak nilai B
Jika tidak, maka cetak nilai C
Selesai 


Flow Chart Menentukan Nilai Terbesar Dari 3 Input



MENENTUKAN BILANGAN BULAT, GENAP, GANJIL & NOL1). Buatlah alogaritma dengan struktur indonesia dan flowchart untuk menentukan input bilangan bulat termasuk bilangan genap atau ganjil atau nol.

Jawab :

Masukan bilangan bulat
Jika bilangan bulat = 0, maka cetak 0
Jika tidak, mk apakah bilangan bulat > 0 dan habis dibagi 2, jika benar mk cetak bil.bul.genap (+)
Jika tidak, mk apakah bilangan bulat > 0 dan tdk habis di bagi 2, jika benar mk cetak bil.bul.ganjil (+)
Jika tidak, mk apakah bilangan bulat < 0 dan habis dibagi 2, jika benar maka cetak bil.bul.genap (-)
Jika tidak, mk cetak bil.bul.ganjil (-)
Selesai.


Flow Chart Menentukan Bilangan Bulat, Genap, Ganjil, Nol

Sumber: http://www.gatewan.com/2014/07/algoritma-dan-flowchart.html

No comments:

Post a Comment