Monday 24 August 2015

MySQL: Klasifikasi Peritah-Perintah Dasar Dalam SQL

SQL kependekan dari Structured Query Language, adalah bahasa standar yang digunakan untuk berkomunikasi dengan database relasional. Karena merupakan bahasa standar untuk mengakses database relasional, maka perintah-perintah dalam SQL dapat diterapkan untuk banyak database management system (DBMS). Hampir semua DBMS seperti MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, DB2, PostgreSQL dan lain sebagainya mengenal dan mengerti SQL. Perintah standar SQL pada beberapa DBMS hampir sama, meskipun masing-masing mungkin juga memiliki "dialect of SQL" sendiri yang akan memberikan tambahan atau perluasan pada perintah-perintah standar tersebut.


Perintah-perintah standar dalam SQL dapat diklasifikasikan menjadi empat bagian yaitu Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), Data Query Language (DQL) dan Data Control Language (DCL).
Data Definition Language (DDL) adalah perintah-perintah SQL yang digunakan untuk mendefinisikan struktur dan skema database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah CREATE (membuat obyek di database), ALTER (merubah struktur database), DROP (menghapus obyek database), TRUNCATE (menghapus semua record dari sebuah tabel termasuk semua ruang yang dialokasikan), COMMENT (menambahkan komentar ke kamus data | data dictionary) dan RENAME (memberi nama ulang sebuah obyek).
Data Manipulation Language (DML) adalah perintah-perintah SQL yang digunakan untuk memanipulasi data di dalam obyek database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah SELECT (mengambil data dari database), INSERT (memasukkan data ke tabel), UPDATE (memperbarui data yang ada di sebuah tabel), DELETE (menghapus semua record dari sebuah tabel), MERGE-UPSERT (operasi insert dan update), CALL (memanggil PL/SQL atau subprogram Java), EXPLAIN PLAN (menjelaskan jalur akses data) dan LOCK TABLE (mengontrol konkurensi).
Data Control Language (DCL) adalah perintah-perintah SQL yang digunakan untuk mengontrol data dan server database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah GRANT (memberikan hak akses pengguna ke database) dan REVOKE (mencabut hak akses yang diberikan dengan perintah GRANT).
Transaction Control Language (TCL) adalah perintah-perintah SQL yang digunakan untuk mengontrol pemrosesan transaksional di dalam database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah COMMIT (menerapkan transaksi dengan menyimpan perubahan database), ROLLBACK (mengembalikan database ke kondisi awal sejak terakhir COMMIT), SAVEPOINT (mengidentifikasi titik dalam transaksi yang nanti bisa diputar kembali) dan SET TRANSACTION (Mengubah opsi transaksi seperti tingkat isolasi dan segmen rollback apa yang digunakan).



LEVEL TABEL
Membuat tableUntuk membuat table minimal anda harus menentukan namanya dan tipekolom yang anda inginkan. Sintaks yang paling sederhana (tanpa ada definisilain) adalah :CREATE TABLE nama_tbl(kolom1 tipekolom1(),kolom2 tipekolom2(), …) ;Contoh : Anda ingin membuat table dengan nama profil yang memiliki kolomnama (bertipe char, lebar 20), kolom umur (bertipe integer), kolom jenis_kelamin (bertipe enum, berisi M dan F).Sintaksnya :CREATE TABLE profil (nama CHAR(20), umur INT NOT NULL, jenis_kelaminENUM(‘F’,’M’) ) ;Sedangkan perintah yang agak lengkap dalam membuat sebuah tableadalah dengan menyertakan definisi tertentu. Misalnya perintah seperti ini :CREATE TABLE peserta (No SMALLINT UNSIGNED NOT NULL AUTO_INCREMENT,Nama CHAR(30) NOT NULL,BidangStudi ENUM(‘TS’,’WD’) NOT NULL,PRIMARY KEY (No),INDEX (Nama, BidangStudi) ) ;Perintah di atas berarti membuat table peserta dengan kolom Nosebagai PRIMARY KEY yaitu indeks table yang unik yang tidak bisa diduplikatdengan atribut AUTO_INCREMENT yaitu kolom yang otomatis dapatmengurutkan angka yang diisikan padanya. Sedangkan kolom Nama danBidangStudi dijadikan indeks biasa.
Membuat indeks pada table
Menambahkan indeks pada table yang sudah ada baik yang unik ataupunyang biasa.Sintaksnya :CREATE INDEX nama_index ON nama_tbl (nama_kolom) ;CREATE UNIQUE INDEX nama_index ON nama_tbl (nama_kolom) ;

Menghapus table
Untuk menghapus table dalam database tertentu. Jika dilakukan makasemua isi, indeks dan atribut lain akan terhapus.Sintaksnya :DROP TABLE nama_tbl ;
Menghapus indeks
Untuk menghapus indeks pada suatu table.Sintaksnya :DROP INDEX nama-index ON nama_tbl ;
Melihat informasi table
Untuk melihat table apa saja yang ada di database tertentu.Sintaksnya :SHOW TABLES FROM nama_db ;Sedangkan untuk melihat deskripsi table atau informasi tentang kolom gunakansintaks :DESC nama_tbl nama_kolom ;atau SHOW COLUMNS FROM nama_tbl FROM nama_db ;
Mendapatkan atau menampilkan informasi dari table
Untuk menampilkan isi table dengan option-option tertentu. Misalnyauntuk menampilkan seluruh isi table digunakan :SELECT * FROM nama_tbl ;Untuk menampilkan kolom-kolom tertentu saja :SELECT kolom1,kolom2,… FROM nama_tbl ;Untuk menampilkan isi suatu kolom dengan kondisi tertentuSELECT kolom1 FROM nama_tbl WHERE kolom2=isikolom ;
Modifikasi struktur table
Dapat digunakan untuk mengganti nama table atau mengubahstrukturnya seperti manambah kolom atau indeks, menghapus kolom atauindeks, mengubah tipe kolom dsb.Sintaks umum :

ALTER TABLE nama_tbl action ;Untuk menambah kolom baru di tempat tertentu dapat menggunakan :ALTER TABLE nama_tblADD kolom_baru type() definisi ;Untuk menambah kolom_baru bertipe integer setelah kolom1 digunakan :ALTER TABLE nama_tblADD kolom_baru INT NOT NULL AFTER kolom1 ;Untuk menambah indeks baru pada table tertentu baik yang unik ataupunyang biasa:ALTER TABLE nama_tbl ADD INDEX nama_index (nama_kolom) ;ALTER TABLE nama_tbl ADD UNIQUE nama_indeks (nama_kolom) ;ALTER TABLE nama_tbl ADD PRIMARY KEY nama_indeks (nama_kolom) ;Untuk mengubah nama kolom dan definisinya, misalnya mengubahnama kolom_baru dengan tipe integer menjadi new_kolom dengan tipe chardengan lebar 30 digunakan:ALTER TABLE nama_tblCHANGE kolom_baru new_kolom CHAR(30) NOT NULL ;Untuk menghapus suatu kolom dan seluruh atributnya, misal menghapuskolom1 :ALTER TABLE nama_tbl DROP kolom1 ;Untuk menghapus indeks baik yang unik ataupun yang biasa digunakan :ALTER TABLE nama_tbl DROP nama_index ;ALTER TABLE nama_tbl DROP PRIMARY KEY ;
Modifikasi informasi dalam table
Untuk menambah record atau baris baru dalam table,sintaksnya :INSERT INTO nama_tbl (nama_kolom) VALUES (isi_kolom) ;atau INSERT INTO nama_tbl SET nama_kolom=isi_kolom ;Misalnya untuk menambah dua baris pada table profil dengan isi nama = deden& ujang dan isi umur = 17 & 18 adalah :INSERT INTO profil (nama,umur) VALUES (deden,17), (ujang,18)

atau INSERT INTO profil SET nama=deden, umur=17 ;INSERT INTO profil SET nama=ujang, umur=18 ;Untuk memodifikasi record atau baris yang sudah ada yang bersesuaian dengansuatu kolom. Misalnya untuk mengubah umur deden menjadi 18 pada contoh diatas dapat digunakansintaks :UPDATE profil SET umur=18 WHERE nama=qalit ;Untuk menghapus record atau baris tertentu dalam suatu table. Misalnya untukmenghapus baris yang ada nama ujang digunakansintaks :DELETE FROM profil WHERE nama=ujang ;Jika WHERE tidak disertakan maka semua isi dalam table profil akan terhapus.



No comments:

Post a Comment