Friday 22 July 2016

Membuat Form Input Data dengan PHp dan fungsi MySQL Improve



Membuat Form Input Data Sederhana

Form inputan atau input data dalam sebuah website sepertinya bukan hal yang baru bagi kita, dimana kita akan menginputkan sebuah data pribadi untuk mengisi form-form tertentu kemudian menghubungkannya ke file PHP yang akan menampilkan data yang telah kita input. Dan sering kita jumpai di form-form untuk registrasi.


Kali ini, kita akan mencoba membuat sebuah file PHP yang akan kita gunakan untuk form input data sederhana dan menampilkannya datanya.

1. Pertama kita buat file PHP untuk menampilkan form dengan tampilan seperti berikut.



dan berikut adalah kode script untuk membuat form tersebut.<html> <head> <title>Latihan</title> </head> <body bgcolor="#999999"> <br> <br> <table width="50td_persen" border="0" align="center"> <tr> <td width="35td_persen"> <table border="0" width="100td_persen" bgcolor="#00CCFF"> <tr> <td><h3><font face="Times New Roman, Times, serif"><p align="center">FORM INPUT DATA</p></font></h3></td> </tr> </table> <form method="post" action="tangkap.php"> <table border="0" width="100td_persen" bgcolor="#FFFFFF"> <tr> <td><P align="right">NAMA</P></td> <td width="10">:</td> <td><input type="text" name="nama"></td> </tr> <tr> <td><P align="right">JENIS KELAMIN</P></td> <td width="10">:</td> <td> <input type="radio" name="gender" value="Pria"> Pria <input type="radio" name="gender" value="Wanita">Wanita </td> </tr> <tr> <td><P align="right">AGAMA</P></td> <td width="10">:</td> <td> <select name="agama"> <option selected=”selected” value=””>——— Pilih ———</option> <option>Islam</option> <option>Kristen</option> <option>Khatolik</option> <option>Hindu</option> <option>Budha</option> </select> </td> </tr> <tr> <td><P align="right">HOBI</P></td> <td width="10">:</td> <td> <input type="checkbox" name="hobi1" value="Makan,"/>Makan<br> <input type="checkbox" name="hobi2" value="Main,"/>Main<br> <input type="checkbox" name="hobi3" value="Tidur,"/>Tidur </td> </tr> <tr> <td><P align="right">KOMENTAR</P></td> <td width="10">:</td> <td><textarea name="komentar"></textarea></td> </tr> <tr> <td></td> <td></td> <td><input type="submit" name="kirim" value="KIRIM"> || <input type="reset" name="reset" value="CANCEL"></td> </tr> <tr> <td colspan="3" bgcolor="#0099FF"><h3><font face="Times New Roman, Times, serif"><p align="center">SELAMAT MENCOBA</p></font></h3></td> </tr> </table> </form> </table> </body> </html>


Setelah menuliskan kode script di atas simpan dengan nama latihan.php kemudian simpan di (D:\xampp\htdocs\latihan) dan untuk mencoba ketikan di URL browser Kalian.

(localhost/latihan/latihan.php)



CATATAN :

1. <method="post" action="tangkap.php">, yang penting disini tag action, yang memberitahukan ke page / halaman mana data form akan dikirim dan disini saya akan mengirimnya ke file tangkap.php untuk menampilkannya.

2. jika menggunakan "POST" , maka ada 1 file lagi untuk membuat script PHP yang akan menerima dan memproses data yang dikirim kita buat dengan nama tangkap.php

2. Kedua kita buat nama file untuk memproses dan menampilkan data.<?php if(isset($_POST['kirim'])) { if(isset($_POST['hobi1'])){ $hobi1 = $_POST['hobi1']; } else { $hobi1 = ''; } if(isset($_POST['hobi2'])){ $hobi2 = $_POST['hobi2']; } else { $hobi2 = ''; } if(isset($_POST['hobi3'])){ $hobi3 = $_POST['hobi3']; } else { $hobi3 = ''; } echo 'Nama Anda adalah : ' .$_POST['nama']. '<br>Anda Seorang : ' .$_POST['gender']. '<br>Yang Beragama : ' .$_POST['agama']. '<br>dan Memiliki Hobi : ' .$hobi1.$hobi2.$hobi3. '<br>Komentar Anda : ' .$_POST['komentar']; } ?>


Setelah selesai menuliskan kode script di atas simpan dengan nama tangkap.pho di simpan di tempat yang nama dengan latihan.php berada (D:\xampp\htdocs\latihan)

CATATAN :

1. Untuk kode hobi kita buat kode yang berbeda supaya jika ada hobi yang tidak di pilih tidak akan menampilkan script error saat dijalankan.

3. Ketiga setelah selesai menulisa kode, mari kita coba untuk menjalankan dan mengisi form input data tersebut. Jalankan d browser dengan cara mengetikkan : (localhost/latihan/latihan.php) dan isikan data,



kemudian untuk mencoba pilih kirim dan lihat hasilnya,



Cukup sederhana bukan contoh scriptnya, Sekian dulu penjelasan mengenai form input data dan penjelasan berikut merupakan pengetahuan dasar mengenai PHP. Selamat mencoba dan semoga tutorial kami ini dapat berguna bagi pembaca semua.


Sumber: http://media-kreatif.com/home/post/87/membuat-form-input-data-dengan-php-dan-fungsi-mysql-improve.prm

No comments:

Post a Comment